Headlines News :
Home » , , , , , » Inilah 10 Aktivitas dan Promosi Offline Efektif untuk Mendorong Kesuksesan Bisnis Internet Anda

Inilah 10 Aktivitas dan Promosi Offline Efektif untuk Mendorong Kesuksesan Bisnis Internet Anda

Written By Blogger Lumajang on 19 Juli 2009 | 18.48


Tak selalu harus promosi di internet. Anda bisa manfaatkan aktivitas offline anda untuk menyukseskan bisnis internet anda. Ini penting, mengingat mungkin sebagian besar dari kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas offline.

Tapi bagaimana caranya? Tak usah khawatir. Berikut ini saya sampaikan 10 aktivitas dan promosi offline untuk mendorong kesuksesan bisnis internet anda.

  1. Pasang pamflet dan sebarkan brosur. Biaya untuk melakukannya cukup murah. Hanya butuh biaya fotokopi saja. Anda bisa tempelkan pamflet atau menyebarkan brosur itu di tempat-tempat strategis. Yang penting juga anda perhatikan adalah copywritingnya. Pastikan kata-kata dalam pamflet atau brosur itu menggugah pembacanya untuk tertarik dan beraksi. Anda bisa terapkan prinsip penulisan sales letter yang sudah anda baca di SMUO. Tapi jangan lupa disesuaikan, karena bentuk pamflet atau brosur dibatasi ukuran kertas.
  2. Ngobrol dengan teman. Ini saya rasa yang paling gampang. Setiap bertemu teman, pastikan anda jangan lewatkan bisnis internet menjadi salah satu bahan perbincangannya. Anda bisa ceritakan bagaimana pengalaman anda sendiri saaat mengikutinya. Dan betapa luar biasanya bisnis internet dalam mengubah hidup manusia. Jangan ketinggalan sebutkan alamat website atau URL anda. Karena itu penting selalu membawa buku kecil plus pulpen kemanapun anda pergi.
  3. Singgung dalam pertemuan non-formal. Intinya sama dengan poin nomor dua. Tapi di sini anda berbicara dengan audience yang lebih besar. Misalnya seperti ketika anda mengikuti rapat RT atau arisan mingguan. Anda bisa singgung sedikit tentang bisnis internet yang anda jalani. Sebaiknya pilih pertemuan yang sifatnya tidak formal.
  4. Iklan di koran dan televisi. Agar biayanya tak terlalu besar, anda bisa mulai dari iklan baris di koran. Dan sebaiknya beriklan di hari Sabtu. Karena iklan di koran hari Sabtu biasanya paling banyak dibaca. Hal yang sama bisa anda lakukan di televisi. Khususnya di stasiun televisi lokal. Karena di stasiun televisi lokal biasanya terdapat acara yang mengajak pemirsanya untuk berpromosi lewat iklan baris. Biasanya anda tinggal kirimkan SMS saja dan iklan anda ditampilkan dalam bentuk teks berjalan (running text).
  5. Cantumkan URL di SMS. Mulai biasakan setiap mengirim SMS, cantumkan URL anda di akhir pesan. Anda tak harus menjelaskannya. Kalau penerima SMS-nya penasaran, pasti mereka akan mengunjunginya di internet, atau setidaknya langsung bertanya pada anda.
  6. Kartu nama. Anda bisa cantumkan URL anda di kartu nama. Membuat kartu nama sekarang juga sangat murah. Bila malas membuatnya di percetakan, anda bisa membuatnya sendiri dan mengeprintnya. Kelebihan kartu nama juga biasanya selalu disimpan oleh penerimanya.
  7. Buat stiker. Stiker yang bertuliskan URL anda, bisa anda pasang di tempat-tempat strategis. Misalnya di warung makan atau warnet. Juga bisa anda pasang di kendaraan anda.
  8. Kaos. Ini medium iklan yang lebih mobile. Anda bisa bagikan atau gunakan sendiri kaos berdesain menarik dan tercantum URL anda. Cara yang sama bisa anda lakukan untuk benda lainnya seperti mug, tas plastik, payung, pulpen, topi, dan lainnya. Dan pastikan selalu anda pakai ketika bertemu dengan orang lain.
  9. Bergabung dengan suatu komunitas. Dengan memiliki teman-teman baru, peluang sukses anda akan lebih besar. Anda bisa ajak mereka untuk bergabung dengan bisnis internet anda. Ingat, banyak teman banyak rejeki!
  10. Buat wallpaper komputer. Buat wallpaper komputer yang berdesain menarik dan tercantum URL anda, serta pasang di layar komputer. Jika dipasang di komputer kantor, rekan-rekan kerja anda tak akan segan untuk menanyakannya.

Banyak kan aktivitas dan cara promosi offline yang bisa anda lakukan. Saya yakin anda pun punya ide-ide lain yang tak kalah menarik. Yang jelas, melakukan promosi offline sangat efektif, khususnya untuk menjaring calon konsumen yang belum familiar dengan internet. Berkat informasi anda, bisa jadi mereka sangat berterimakasih karena anda telah membukakan jalan baru untuk kehidupan mereka yang lebih baik.

So, anda sudah siap mengoptimalkan aktivitas offline anda untuk kesuksesan bisnis internet anda? Anda punya ide lainnya untuk promosi offline? Mari kita berbagi di sini…

Sumber : Joko Susilo.Com

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Semeru Blogger Community - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template