Headlines News :
Home » » BEASISWA "ITB UNTUK SEMUA" (BIUS 2010) = BEASISWA BIAYA PENDIDIKAN PENUH DAN BANTUAN HIDUP

BEASISWA "ITB UNTUK SEMUA" (BIUS 2010) = BEASISWA BIAYA PENDIDIKAN PENUH DAN BANTUAN HIDUP

Written By DONdikr on 12 Desember 2009 | 22.11

Maap gak sempet nyusun.. Semoga sukses...


Program "ITB Untuk Semua" adalah skema beasiswa untuk mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (angkatan 2010) yang berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Uang pendidikan, ongkos tempat tinggal, dan biaya hidup selama menempuh kuliah di Bandung 4 tahun didanai sepenuhnya oleh skema beasiswa yang juga dinamakan sebagai Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh dan Bantuan Biaya Hidup ini (BIUS 2010).

Pada tahun ajaran 2009, Beasiswa "ITB Untuk Semua" diberikan kepada 40 mahasiswa ITB angkatan 2009 yang lulus Ujian Saringan Masuk ITB ‘USM-ITB Terpusat’ (sebanyak 27 orang) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ‘SNMPTN’ (13 orang). Mereka telah melalui saringan ketat terhadap 3.170 pendaftar awal.

Untuk tahun 2010, kami menargetkan beasiswa akan diberikan kepada 100 mahasiswa baru, dengan syarat mereka lulus Program Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi (PMBP-ITB) 2010 dan jumlah donasi yang diterima pengelola beasiswa mencukupi. Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh dan Bantuan Biaya Hidup (BIUS 2010) hanya diberikan kepada peserta PMBP-ITB 2010 (dulu dinamakan Ujian Saringan Masuk ITB ‘USM-ITB’) pemilik ijazah SMA/MA/SMK tahun 2010 (bukan ijazah persamaan) sesuai persyaratan untuk fakultas/sekolah yang dipilih. Kriteria kemampuan ekonomi orang tua yang digunakan adalah jumlah penghasilan total dari kedua orang tua calon mahasiswa, kurang dari nilai Upah Minimum Regional (UMR) setempat yang berlaku.

Sebelum kuliah, para penerima Beasiswa "ITB Untuk Semua" akan mengikuti masa persiapan (bridging) sekitar satu bulan untuk membantu menyesuaikan diri dengan suasana kuliah serta kehidupan di Bandung. Materi bridging dititikberatkan pada pengasahan softskills penerima beasiswa. Selama kuliah, para mahasiswa mendapat bimbingan dalam mengatasi kendala studi dan persoalan adaptasi yang mungkin muncul. Para mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti ceramah inspirasional, studi banding ke lokasi penerapan teknologi tepat guna, dsb.

Bagi masing-masing penerima Beasiswa “ITB Untuk Semua” angkatan 2010, dianggarkan biaya Rp110 juta untuk masa empat tahun kuliah. (Bagi masing-masing penerima Beasiswa “ITB Untuk Semua” angkatan 2009 ‘BIUS 2009’, anggarannya Rp100 juta). Biaya beasiswa sepenuhnya diperoleh dari donasi.

Ketentuan

Mulai tahun 2010, Beasiswa "ITB Untuk Semua" (BIUS 2010) diintegrasikan ke dalam skema pemberian Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh (BBPP plus). Program tersebut ditawarkan pada pelaksanaan PMBP-ITB 2010 di Daerah. Ketentuan yang berlaku adalah sbb.:

  • Terdapat dua jenis Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh yang ditawarkan ITB pada pelaksanaan PMBP-ITB 2010, yaitu:
    • Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh (BBPP 2010)
    • Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh dan Bantuan Biaya Hidup = Beasiswa “ITB Untuk Semua” (BIUS 2010)

· Kapasitas penerimaan mahasiswa dari masing-masing jenis beasiswa terbatas.

  • Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh (BBPP 2010 dan BIUS 2010) dibuka kesempatan bagi pelajar dari keluarga golongan ekonomi lemah yang merupakan:
    • Lulusan SMA/MA IPA (bukan Ijazah persamaan) dengan tahun ijazah 2010 bagi peminat jalur ujian Sains dan Teknik.
    • Lulusan SMA/MA IPA/IPS (bukan Ijazah persamaan) dengan tahun ijazah 2010 bagi peminat jalur ujian Bisnis dan Manajemen.
    • Lulusan SMA/MA/SMK (bukan Ijazah persamaan) dengan tahun ijazah 2010 bagi peminat jalur ujian Seni Rupa dan Desain.

· Kelulusan peserta PMBP-ITB 2010 kategori Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh (BBPP 2010 dan BIUS 2010) ditentukan oleh hasil ujian PMBP-ITB 2010 yang diikuti peserta, dengan standar kualifikasi akademik yang sama dengan peserta PMBP-ITB 2010 lainnya. (ITB tidak memberi keringanan apa pun selain keringanan biaya pelaksanaan ujian dan biaya pendidikan)

Informasi lengkap seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB (termasuk jalur lainnya dan beasiswa lainnya untuk lulusan SMA/MA/SMK 2008, 2009, dan 2010) dapat dilihat di situs resmi: http://usm.itb.ac.id

Persyaratan Umum (Khusus untuk BBPP 2010 dan BIUS 2010)

Peserta ujian harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia,
  2. Untuk pelaksanaan PMBP-ITB 2010 di Daerah, peserta harus berasal/lulusan dari SMA/MA/SMK yang berada di wilayah pelaksanaan PMBP-ITB yang bersangkutan,
  3. Tidak memiliki ketunaan yang mengganggu kelancaran belajar dalam program studi (fakultas/sekolah) pilihannya,
  4. Mengikuti ujian seleksi yang mencakup penilaian terhadap kemampuan penalaran dan akademik,
  5. Mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian seleksi dan mengembalikan sendiri formulir pendaftaran (tidak diwakilkan) pada saat yang telah ditentukan (menyusul).
  6. Bagi calon peserta dengan tahun ijazah 2010, menyerahkan surat keterangan dari sekolah (berfoto dan dicap sekolah), yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan pelajar kelas 3 di sekolah tersebut dan akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2010 (surat terlampir).
  7. Menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi akte kelahiran yang dilegalisasi oleh catatan sipil/notaris. Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenisnya tidak dapat digunakan.
  8. Menyerahkan 4 (empat) buah pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm hitam putih dengan berpakaian sopan dan rapih
  9. Menyerahkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna asli dari dokter spesialis mata, bagi calon mahasiswa yang pilihan fakultas/sekolahnya mengandung SITH, SF, dan/atau FSRD.
  10. Peserta yang telah mendaftarkan diri harus melaksanakan sendiri (tidak dapat diwakilkan) pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian PMBP-ITB 2010 di Daerah, sesuai dengan waktu dan tempat yang telah diinformasikan ITB di Lembar Bukti Penyerahan Dokumen Kelengkapan Pendaftaran PMBP-ITB 2010 di Daerah (menyusul).
  11. Peserta hanya dapat melaksanakan ujian seleksi PMBP-ITB 2010 di Daerah di lokasi dan waktu yang telah ditetapkan ITB. ITB tidak memberikan keringanan apa pun untuk alasan apa pun.

Persyaratan Peserta per Jalur Ujian (Khusus untuk BBPP 2010 dan BIUS 2010)

PMBP-ITB terdiri atas 3 jalur ujian yang berbeda, dan diselenggarakan secara simultan, yaitu:

  1. Jalur Sains dan Teknik, untuk peminat :

§ Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

§ Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB)

§ Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

§ Fakultas Teknologi Industri (FTI)

§ Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

§ Sekolah Farmasi (SF)

§ Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

§ Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

§ Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)

§ Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

Dengan syarat:

ü Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) bidang IPA di wilayah tempat PMBP-ITB di Daerah diselenggarakan, dengan tahun ijazah 2010.

ü Tidak buta warna, yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter spesialis mata, calon mahasiswa yang pilihan fakultasnya mengandung SITH dan/atau SF.

  1. Jalur Seni Rupa dan Desain untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), syaratnya:

ü Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah tempat PMBP–ITB di Daerah diselenggarakan, dengan tahun ijazah 2010.

ü Tidak buta warna, yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter spesialis mata.

  1. Jalur Bisnis dan Manajemen untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen.

ü Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) bidang IPA atau IPS, di wilayah tempat PMBP–ITB di Daerah diselenggarakan, dengan tahun ijazah 2010.

Pada tahun 2010, calon peserta PMBP-ITB 2010 khusus jalur BBPP 2010 dan BIUS 2010, pendaftaran melalui pengiriman formulir lamaran, dll (terlampir). Biaya pelaksanaan ujian digratiskan (Rp0,00). Pendaftaran dikirim sebelum 24 Desember 2009 (cap pos*) ke alamat:

Direktorat Pendidikan ITB

(u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB)

Gd. CCAR-ITB Lt. 4, Jln. Tamansari 64, Bandung, 40116

Telp. (022) 2508519, (022) 2530689

usmitb@pusat.itb.ac.id

(alamate-mail ini dapat dihubungi untuk memperoleh informasi lebih lanjut juga)

*) ITB tidak menerima pengembalian formulir lamaran calon peserta PMBP-ITB kategori Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh (BBPP dan BIUS 2010) dalam bentuk faksimili dan/atau e-mail.

Persyaratan Peserta Ujian (khusus untuk jalur BBPP 2010 dan BIUS 2010, menyusul)

  • Calon peserta harus mendaftarkan diri sebagai calon peserta PMBP-ITB 2010 kategori Beasiswa Penuh, dengan mengirimkan formulir lamaran calon peserta PMBP-ITB kategori Beasiswa Penuh.
  • Formulir lamaran calon peserta PMBP-ITB kategori Beasiswa Penuh harus dilengkapi dengan persyaratan-persyaratan dokumen sebagai berikut:
    • Surat Keterangan akan mengikuti UN 2010 dari sekolah (asli, terlampir). Format surat keterangan tersebut dapat diperoleh di situs resmi PMBP-ITB 2010 (http://usm.itb.ac.id/).
    • Esai/Karangan Singkat tentang calon peserta, keluarga, cita-cita, dan kegiatan calon peserta, sesuai format yang telah disediakan ITB (terlampir). Format penulisan esai tersebut dapat diperoleh di situs resmi PMBP-ITB 2010 (http://usm.itb.ac.id/).
    • Surat Keterangan Penghasilan atas nama masing-masing kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB, dilegalisasi oleh RT/RW
    • Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW atas nama masing-masing kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
    • Keterangan Tidak Mampu atas nama masing-masing kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB dari Dinas Sosial Daerah setempat, minimal setingkat Kecamatan
    • Kartu Keluarga Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
    • Fotokopi KTP kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
    • Fotokopi Kartu Identitas calon peserta PMBP-ITB 2010
  • Ketidaklengkapan dan/atau kekuranganlengkapan dokumen persyaratan tersebut di atas akan menyebabkan formulir calon peserta yang bersangkutan tidak dapat diproses.

  • Bagi calon peserta yang direkomendasikan sebagai peserta PMBP-ITB 2010 kategori Beasiswa Penuh, ITB tidak membebankan biaya ujian (biaya pelaksanaan ujian Rp0,00)
    • Bagi peserta yang lulus pada pelaksanaan PMBP-ITB 2010 kategori Beasiswa Penuh (BBPP 2010), beasiswa yang diberikan ITB mencakup seluruh biaya pendidikan, termasuk biaya BPM, Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP), dan biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru, sehingga peserta yang bersangkutan akan dibebani biaya BPM sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), biaya BPP sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), dan biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), bila diterima sebagai mahasiswa ITB.
Khusus bagi peserta Beasiswa Penuh yang memilih jenis Beasiswa Biaya Pendidikan Penuh dan Bantuan Biaya Hidup (BIUS 2010) dan lulus ujian PMBP-ITB 2010, selain biaya pendidikan, ITB juga memberikan bantuan biaya hidup selama peserta yang bersangkutan menempuh pendidikannya di ITB.

Materi Ujian

Ujian seleksi PMBP-ITB 2010 di Daerah dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, dalam bentuk ujian tertulis. Materi ujian seleksi bagi PMBP-ITB 2010 di Daerah meliputi 6 kelompok kemampuan, yaitu :

· Psikotes: diikuti oleh seluruh peserta PMBP-ITB 2010 di Daerah.

Ujian ini berupa rangkaian tes untuk mengukur aspek-aspek psikologis yang diperlukan untuk evaluasi terhadap potensi calon mahasiswa.

· Tes Bakat Skolastik (TBS): diikuti oleh seluruh peserta PMBP-ITB 2010 di Daerah.

Ujian ini mengukur kemampuan dalam logika dan penalaran serta kepribadian peserta, sehingga dapat dievaluasi kemampuan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

· Bahasa Inggris: diikuti oleh seluruh peserta PMBP-ITB 2010 di Daerah.

Ujian ini mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris, sehingga dapat dievaluasi kemampuan komunikasi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

· Kemampuan Seni Rupa: hanya diikuti oleh peserta jalur uji Seni Rupa dan Desain

§ Menggambar I: Ujian ini mengukur keterampilan Seni Rupa calon mahasiswa

§ Menggambar II: Ujian ini mengukur kreativitas calon mahasiswa

· Kemampuan Akademik:

§ Matematika Dasar: hanya diikuti oleh peserta jalur uji Sains dan Teknik serta peserta jalur uji Bisnis dan Manajemen.

Ujian ini mengukur kemampuan matematika dasar calon mahasiswa, berfungsi sebagai alat evaluasi potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa.

§ Kemampuan MIPA Terpadu: hanya diikuti oleh peserta jalur uji Sains dan Teknik.

Ujian ini terdiri atas materi MIPA (mencakup Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) Terpadu. Berupa tes untuk mengukur potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa.

Pilihan Program Studi di ITB

Sehubungan dengan telah terbitnya SK Rektor ITB no. 071/SK/K01/PP/2006, tertanggal 17 Maret 2006, tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, maka secara resmi, setiap mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa fakultas/sekolah terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu program studi serumpun dalam fakultas/sekolah yang sama, pada awal tahun kedua.

Penempatan mahasiswa di salah satu program studi serumpun di fakultas/sekolah di ITB, dilakukan oleh ITB sebelum masa perkuliahan tahun kedua dilaksanakan, berdasarkan minat mahasiswa, kapasitas program studi yang bersangkutan, serta tergantung pada prestasi mahasiswa di tahun pertama perkuliahan, bila kapasitas program studi yang bersangkutan lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang memilih program studi tersebut. Kemungkinan bahwa seorang mahasiswa akhirnya dijuruskan pada program studi bukan pilihan utamanya dapat saja terjadi. Namun demikian karena pengelompokan program studi dalam suatu fakultas/sekolah didasarkan atas ekserumpunan dan kontekstualitas keilmuannya yang sama, maka perbedaan antara program studi yang satu dengan program studi yang lain dalam fakultas yang sama, tidak signifikan. ITB menyarankan agar calon mahasiswa mempelajari sistem penerimaan mahasiswa baru ini terlebih dahulu dan dapat membandingkannya dengan sistem yang diberlakukan di perguruan tinggi lainnya.

Sebagai informasi tambahan, pada kurikulum 2008, ITB mulai memperkenalkan mata kuliah Mayor dan mata kuliah Minor. Dengan demikian, mahasiswa dari suatu program studi dapat mengambil mata kuliah di program studi lainnya, dalam jumlah terbatas. Pendidikan di ITB lebih diarahkan pada pendidikan kesarjanaan yang memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas dibandingkan ke arah vokasional yang terfokus pada aplikasi suatu bidang keahlian saja.

Berikut ini adalah tabel pilihan program studi, fakultas, dan sekolah yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa ITB.

Kode Pilihan

Fakultas dan Program Studi

160

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), untuk peminat program studi :

161

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), untuk peminat program studi:

162

Sekolah Farmasi (SF), untuk peminat program studi :

163

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), untuk peminat program studi

164

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), untuk peminat program studi :

167

Fakultas Teknologi Industri (FTI), untuk peminat program studi :

169

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), untuk peminat program studi :

165

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), untuk peminat program studi :

  • Teknik Elektro (EL)
  • Teknik Tenaga Listrik (EP)
  • Teknik Telekomunikasi (ET)
  • Sistem dan Teknologi Informasi (II)
  • Teknik Informatika (IF)

166

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), untuk peminat program studi :

199

Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), untuk peminat program studi :

168

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), untuk peminat program studi : (tidak ditawarkan di SNMPTN )

190

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), untuk peminat program studi : (tidak ditawarkan di SNMPTN )

Pengumuman Hasil Ujian

Hasil ujian dan kelulusan PMBP-ITB 2010 di Daerah akan diumumkan melalui surat panggilan dan pengumuman di situs ITB pada pertengahan bulan April 2010, melalui situs resmi ITB (http://www.itb.ac.id/). Panitia tidak akan melakukan panggilan melalui telepon atau SMS. Pengumuman hanya dapat diakses oleh peserta dengan menggunakan nomor peserta PMBP-ITB 2010 di Daerah, yang tercantum pada kartu tanda peserta ujian.

Kepada peserta yang dinyatakan lulus di PMBP-ITB 2010 di Daerah dan dapat diterima di salah satu Fakultas/Sekolah di ITB, panitia akan mengirimkan surat pemberitahuan melalui alamat e-mail peserta yang bersangkutan. Peserta yang dinyatakan tidak lulus, tidak akan menerima notifikasi melalui alamat e-mail.

Walaupun dilaksanakan di banyak kota, PMBP-ITB di Daerah adalah kegiatan dengan standar terpusat. Kelulusan peserta di PMBP-ITB 2010 di Daerah hanya ditentukan oleh hasil ujian tertulis yang diikuti peserta. Penilaian kualifikasi akademik calon mahasiswa dilakukan secara nasional. PMBP-ITB di Daerah tidak mengenal adanya kuota kelulusan per daerah.

Pendaftaran awal penerimaan mahasiswa baru ITB bagi peserta yang lulus PMBP-ITB, akan dilaksanakan pada tanggal yang akan diberitahukan kepada peserta yang lulus, melalui surat panggilan. Pendaftaran awal penerimaan mahasiswa baru ITB harus dilaksanakan sendiri oleh calon mahasiswa yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan. Calon mahasiswa yang tidak mendaftarkan diri pada saat yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri dari daftar mahasiswa baru jalur PMBP-ITB 2010 di Daerah.

Beberapa Hal Penting untuk Diperhatikan

  1. Setelah proses pendaftaran peserta ujian selesai, peserta ujian tidak akan diminta untuk mengisi formulir apapun yang berkaitan dengan keterangan dan data diri peserta ujian dalam bentuk apapun. Semua informasi yang diberikan oleh peserta PMBP-ITB pada saat pendaftaran ujian, bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh panitia pelaksana PMBP-ITB 2010.
  2. Pada saat pelaksanaan ujian, peserta hanya diminta menuliskan nomor peserta ujian, sebagai pengganti identitas diri peserta. Pada mata ujian Psikotes, peserta diminta mengisi formulir riwayat hidup. Formulir tersebut akan diperoleh pada saat peserta melakukan proses pendaftaran peserta ujian.
  3. Pengumuman kelulusan PMBP-ITB hanya dilaksanakan satu kali saja. ITB tidak akan melakukan panggilan susulan atau panggilan gelombang kedua bagi peserta yang lulus PMBP-ITB 2010.
  4. Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan. Calon mahasiswa yang tidak mendaftarkan diri pada saat yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri dari daftar mahasiswa baru jalur PMBP-ITB 2010 dan tidak dapat diklaim ulang untuk alasan apapun.
  5. Peserta PMBP-ITB 2010 yang dinyatakan lulus di salah satu fakultas/sekolah di ITB melalui jalur PMBP-ITB 2010, hanya dapat mendaftarkan diri ke fakultas/sekolah tersebut dan tidak dapat mengubah pilihan fakultas/sekolahnya.Panitia PMBP-ITB 2010 tidak mengadakan komunikasi atau korespondensi apapun dengan peserta ujian atau pihak-pihak lainnya, berkenaan dengan kelulusan peserta ujian di PMBP-ITB 2010.

Disusun kembali oleh Ahmad Setiawan Mardana, Mahasiswa TL FTSL-ITB’06 ’Relawan BIUS’

(Deputi Pelayanan & Beasiswa, Kementerian Pelayanan & Kesejahteraan Mahasiswa,

Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB 2009/2010)


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Semeru Blogger Community - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template